Kenali Merica dan Cengkeh, Komoditi Unggulan Desa Longkeyang

Longkeyang (27/1). Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro 2020 menjelajahi kebun merica dan cengkeh yang ada di Desa Longkeyang. Kunjungan ini didampingi oleh Bu Ita, salah satu warga Desa Longkeyang sekaligus pemilik kebun merica dan kebun cengkeh tersebut. Lokasi kedua kebun tersebut berada di lokasi berbeda, yakni kebun merica berada Dusun IV  dan cengkeh berada di jalan menuju Dusun V Desa Longkeyang.

Bu Ita sebagai pemilik kebun merica menjelaskan bagaimana wujud pohon merica dan cara budidaya nya. Terdapat dua jenis lada yang ditanam di kebun tersebut yakni lada panjat dan lada perdu. Tanaman lada panjat lebih tahan dibanding lada perdu, namun lada perdu lebih mudah untuk dipanen dibandingkan lada panjat. Pemeliharaan tanaman lada sendiri cukup mudah, hanya dengan membersihkan tanaman-tanaman disekeliling tanaman merica. Setelah dari kebun merica,mahasiswa melanjutkan kunjungan ke kebun cengkeh yang juga merupakan salah satu komoditas perkebunan unggulan di Desa Longkeyang.

Selain mendapatkan pengalaman dapat melihat langsung dan mendapatkan ilmu mengenai cara budidaya dua tumbuhan tersebut, mahasiswa KKN  juga bertanya kepada Bu Ita mengenai permasalahan dalam berusaha di bidang perkebunan tersebut sebagai bahan untuk melakukan pengembangan produk pada dua komoditi ini, terutama tanaman merica. Dengan mengetahui permasalahan dalam pertanian lada, mahasiswa dapat berkontribusi dalam memberikan alternatif pemecahan masalahnya. Harapannya dengan adanya kontribusi darii mahasiswa KKN dapat mengangkat potensi lada yang mana digalakkan oleh BAPPEDA sebagai pengembangan produk komoditi unggulan di Kecamatan Bodeh.

Tinggalkan Balasan