Mudahnya Microsoft Excel untuk Pembukuan UMKM! Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Ajarkan Microsoft Excel pada UMKM Desa Longkeyang

Pemalang (23/07/2023) – Pembukuan adalah proses mencatat secara akurat semua transaksi keuangan dalam catatan akuntansi. Pentingnya pembukuan terletak pada kemampuannya untuk menyelenggarakan dan mengelola segala aktivitas yang memerlukan pencatatan agar dapat berjalan dengan baik dan teratur. Setiap transaksi sekecil apapun dalam sebuah bisnis perlu dicatat untuk dibuat pembukuan. Pembukuan memiliki banyak manfaat, salah satu contohnya adalah mengetahui berapa banyak keuntungan maupun kerugian dalam bisnis.

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. Desa Longkeyang memiliki beberapa UMKM yaitu UMKM pembuatan tampah, UMKM keripik tempe, UMKM keripik talas, UMKM keripik pisang, dan UMKM reyeng (wadah atau tempat yang terbuat dari bambu untuk menempatkan ikan pindang). UMKM yang telah disebutkan tadi belum melakukan pembukuan yang baik.

Seiring berkembangnya zaman, pembukuan seharusnya mengikuti perkembangan untuk mencapai tingkat efektivitas dan efisiensi yang lebih tinggi. Banyak orang menganggap bahwa proses pembukuan rumit, merepotkan, dan memakan waktu. Namun, sebenarnya, kita dapat memanfaatkan teknologi modern yang telah berkembang untuk mengatasi tantangan tersebut. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan adalah Microsoft Excel, yang memungkinkan kita untuk melakukan pembukuan dengan mencatat penjualan, pembelian, pemasukan, dan pengeluaran secara efektif. Dengan menggunakan Excel, tugas-tugas pembukuan menjadi lebih terstruktur dan terorganisir. Selain itu, penggunaan rumus dan fungsi di Excel dapat membantu menghitung dan menganalisis data secara otomatis, sehingga menghemat waktu dan usaha. Dari pemanfaatan teknologi ini, proses pembukuan dapat menjadi lebih mudah, efisien, dan lebih akurat, sehingga memungkinkan kita untuk mengelola bisnis atau keuangan dengan lebih baik.

Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2022/2023 yang bernama Agnes Triana Cyntianesa dari  program   studi  informatika   memberikan   solusi   atas   permasalahan   di   atas  yaitu dengan memberikan  pengarahan  tentang  cara  pembukuan  menggunakan  Microsoft  Excel  pada UMKM Keripik  Tempe  dan  UMKM  Keripik Talas. Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan  keterampilan  dalam  penggunaan aplikasi spreadsheet populer ini sebagai alat untuk mengelola keuangan bisnis mereka secara lebih efisien dan akurat.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2023 dan dilakukan secara door to door ke UMKM yang bersangkutan. Kegiatan dimulai dengan memberikan presentasi yang mengulas pentingnya pembukuan yang baik dan   rapi   dalam   menjalankan   sebuah   usaha. Selanjutnya,  menyoroti  betapa  pentingnya  catatan keuangan  yang  akurat  dalam  pengambilan  keputusan bisnis, pemantauan arus kas, dan kemampuan untuk  menilai   kinerja   usaha.   Setelah   pemaparan   pentingnya   pembukuan   yang   baik,   peserta diperkenalkan  pada  konsep  dasar  spreadsheet,  serta  memberikan  panduan  langkah  demi  langkah dalam  mencatat  transaksi  keuangan  menggunakan  Microsoft  Excel.  Selanjutnya,  mempraktekkan penggunaan  rumus-rumus  sederhana  dalam  Excel, seperti penjumlahan, pengurangan, dan perkalian yang  sering   digunakan  dalam  pembukuan  usaha.  Selain  itu,  menunjukkan  cara  membuat  grafik penjualan menggunakan microsoft excel untuk melihat perkembangan dari penjualannya. 

Dengan  semangat  baru  dan  pengetahuan yang lebih mendalam tentang penggunaan Microsoft Excel dalam  pembukuan,  para  pelaku  UMKM  di  Desa   Longkeyang   berharap   dapat   mengoptimalkan operasional bisnis mereka dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal yang berkelanjutan.

Penulis             : Agnes Triana Cyntianesa

Prodi                : S1 Informatika

Lokasi             : Desa Longkeyang, Kec. Bodeh, Kab. Pemalang

DPL                : 1. Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., IPU.

                          2. Yanuar Yoga Prasetyawan, S. Hum., M. Hum.

                          3. Faradhina Azzahra, S.T., M.Sc.

KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2022/2023

#KKNUndipTim2

#p2kknundip

#LPPMUndip

#Undip

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*