SADAR PAJAK! Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Adakan Sosialisasi Pelaporan SPT Tahunan Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi Menggunakan E-Filing

Pemalang (28/07/2023) – SPT Tahunan merupakan surat pemberitahuan untuk melaporkan perhitungan dan pembayaran pajak serta berisi harta dan kewajiban wajib pajak. SPT wajib dilaporkan bagi warga negara yang sudah memiliki NPWP untuk mempertanggung jawabkan perhitungan jumlah pajak selama satu tahun pajak. Sesuai dengan ketentuan perundang-undangan di bidang perpajakan, wajib pajak orang pribadi maupun badan diwajibkan untuk menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) setiap tahun. Wajib pajak harus melakukan pengisian SPT dengan benar, lengkap, dan jelas.

Setelah dilakukan wawancara dengan perangkat desa, beberapa dari mereka ternyata belum melaporkan SPT Tahunannya pada tahun pajak tertentu. Mereka berasumsi bahwa lapor SPT hanya bisa dilakukan dengan datang langsung ke KPP Pratama Pekalongan yang jaraknya cukup jauh dari Desa Longkeyang. Mereka belum tahu bahwa lapor SPT Tahunan dapat dilakukan secara online melalu website DJP (www.pajak.go.id) menggunakan perangkat elektronik seperti handphone atau laptop. Hal itu mendorong mahasiswa KKN Tim II UNDIP, Dhia Ananda Mumtaz untuk mengajak dan meningkatkan kesadaran perangkat desa di Desa Longkeyang untuk melakukan pelaporan SPT Tahunan menggunakan E-Filing melalui program kerja monodisiplin “Pelatihan Pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi”.

Program kerja Pelatihan Pelaporan SPT PPh Orang Pribadi dilakukan dengan metode sosialisasi mengenai simulasi pengisian E-Filing menggunakan Power Point, dimulai dari simulasi e-Filing formulir 1770SS dan berikutnya formulir 1770S. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan pengisian SPT Orang Pribadi formulir 1770 S dengan menggunakan Excel. Dhia Ananda Mumtaz, mahasiswa Akuntansi Perpajakan UNDIP juga membuat modul berjudul “Modul Pengisian SPT Tahunan PPh” yang berisi pengertian SPT, jenis-jenis SPT, gambar simulasi pengisian e-form dan e-filing, validasi NIK-NPWP, serta EFIN. Modul tersebut diserahkan ke perangkat desa dengan harapan dapat memudahkan mereka dalam melakukan pelaporan SPT Tahunan PPh nantinya.

Program ini dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 28 Juli 2023 di Balai Desa Longkeyang dengan diikuti oleh perangkat desa sebanyak 14 orang. Kegiatan tersebut diikuti dengan antusias yang luar biasa oleh perangkat desa, hal itu dapat dilihat selama berlangsungnya sesi tanya jawab. Banyak hal yang mereka belum ketahui mengenai PPh seperti PTKP, pentingnya NPWP, pentingnya lapor SPT dan lain-lain yang akhirnya dapat terjawab dengan baik.

Harapan perangkat desa Longkeyang, program ini dapat menambah pemahaman mengenai pelaporan SPT Tahunan PPh menggunakan E-Filing melalui website DJP, sehingga wajib pajak tidak perlu jauh-jauh menuju KPP Pratama Pekalongan. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan wajib pajak dalam menghitung, membayar, dan melaporkan pajaknya. 

Penulis                : Dhia Ananda Mumtaz

Prodi                    : D4 Akuntansi Perpajakan

Lokasi                  : Desa Longkeyang, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang

DPL                      :  1. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., IPU.

                                2. Yanuar Yoga Prasetyawan, S. Hum., M. Hum.

                                3. Faradhina Azzahra, S.T., M.Sc.

 

KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2022/2023

#KKNUndipTim2

#p2kknundip

#LPPMUndip

#Undip

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*