Terungkap! Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Ajak Masyarakat Lakukan Skrining Kesehatan di Desa Longkeyang!

Pemalang (20/07/2023)Kurangnya kesadaran masyarakat dan kurangnya alat screening kesehatan rutin yaitu pemeriksaan tensi dan pemeriksaan gula darah sewaktu membuat masyarakat enggan untuk memeriksakan kesehatannya. Oleh karena itu, Kevin Orlando Wijaya Susanto, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro dari Program Studi Kedokteran, melaksanakan program kerja Kegiatan Posbindu Sehat: Pengecekan Tensi dan GDS untuk Meningkatkan Kesadaran Kesehatan Masyarakat Desa Longkeyang, Kabupaten Pemalang. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 20 Juli 2023 pada pukul 09.00 WIB di Pendopo Balai Desa Longkeyang, Kec. Bodeh, Kab. Pemalang dan diikuti 18 Warga Desa Longkeyang.

Program ini telah berhasil meningkatkan kesadaran akan kesehatan di kalangan masyarakat desa serta memberikan kontribusi positif dalam mencegah penyakit berhubungan dengan kadar gula darah dan tekanan darah tinggi. Proses pemeriksaan gula darah sewaktu dan tensi dilakukan dengan pendekatan yang menyeluruh kepada semua masyarakat. Hasil pemeriksaan yang diperoleh memberikan gambaran tentang kondisi kesehatan masing-masing warga. Selain melakukan pemeriksaan, mahasiswa tim KKN juga memberikan edukasi tentang cara-cara menjaga kesehatan secara alami dan sederhana. Masyarakat diajarkan tentang pentingnya pola makan sehat dan rutin beraktivitas fisik. Diharapkan melalui upaya edukasi ini, masyarakat dapat mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat.

Program kerja ini menunjukkan respons positif dari masyarakat Desa Longkeyang. Warga menyambut baik program KKN Universitas Diponegoro ini dan mengapresiasi upaya mahasiswa dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Bukan hanya warga desa yang merasakan manfaat dari program ini, tetapi juga mahasiswa yang terlibat  mendapatkan pengalaman yang baik dalam berinteraksi dan berkontribusi langsung pada masyarakat.

Program pemeriksaan gula darah sewaktu dan tensi di Desa Longkeyang bukan sekadar aktivitas sementara, tetapi diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam membentuk kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan.

Penulis          : Kevin Orlando Wijaya Susanto

Prodi             : S1 Kedokteran

Lokasi           : Desa Longkeyang, Kec. Bodeh, Kab.Pemalang

DPL                 : 1. Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., IPU.

                       2. Yanuar Yoga Prasetyawan, S. Hum., M. Hum.

                       3. Faradhina Azzahra, S.T., M.Sc.


KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO 2022/2023

#KKNUndipTim2

#p2kknundip

#LPPMUndip

#Undip

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*