BAWA PERUBAHAN! MAHASISWA KKN UNDIP LAKUKAN SOSIALISASI BERJUALAN MELALUI E-COMMERCE

Pemalang (23/7/2023) – Kemajuan teknologi turut mengubah perilaku masyarakat. Salah satu bentuk perubahan perilaku masyarakat yaitu cara berbelanja. Kehadiran e-commerce turut mengubah perilaku konsumen dalam berbelanja. Kini masyarakat cenderung berbelanja secara online kerena kemudahan yang ditawarkan. Untuk itu, para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) harus dapat beradpatasi dengan kemajuan yang ada agar mampu terus bertahan.

Di Indonesia Shopee menjadi e-commerce yang paling banyak digunakan. Shopee dinilai mudah digunakan dan pengiriman yang murah dengan voucher gratis ongkos kirim. Dengan berbekal smartphone para penjual dan pembeli dapat melakukan tranksaksi melalui Shopee.

Sekalipun di era modern semuanya serba digital, tidak bisa dipungkiri masih banyak masyarakat di berbagai daerah yang belum memanfaatkan e-commerce sebagai media dalam melakukan penjualan seperti UMKM di Desa Longkeyang. Di Desa Longkeyang sendiri terdapat beberapa Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang memproduksi produk yaitu UMKM Keripik tempe, keripik talas, keripik pisang, tampah, dan reyeng.

Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2022/2023 yang bernama Silvia Yuaninda yang berasal dari program studi Administrasi Bisnis melakukan sosialisasi cara berjualan melalui e-commerce Shopee sebagai upaya untuk penguatan potensi UMKM di Desa Longkeyang Sosialisasi dilakukan secara door to door kepada UMKM Keripik Tempe Mentari dan ND Snack Keripik Talas.
Kegiatan diawali dengan memberikan penjelasan mengenai manfaat berjualan melalui e-commerce dan cara berjualan melalui e-commerce. Harapan dari 
adanya program kerja ini adalah dapat membantu UMKM memiliki pasar yang lebih luas di era digital yang semakin maju, dan secara tidak langsung mampu membuat perekonomian bagi pelaku UMKM di Desa Longkeyang semakin lebih baik untuk kedepannya.

Penulis             : Silvia Yuaninanda

Prodi                : S1 Administrasi Bisnis

Lokasi             : Desa Longkeyang, Kec. Bodeh, Kab. Pemalang

DPL                : 1. Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., IPU.

                          2. Yanuar Yoga Prasetyawan, S. Hum., M. Hum.

                          3. Faradhina Azzahra, S.T., M.Sc.

KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2022/2023

#KKNUndipTim2

#p2kknundip

#LPPMUndip

#Undip

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*