Dukung Pencegahan Penyakit pada Anak, Mahasiswa KKN UNDIP Ajak Anak Menerapkan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Pemalang (20/07/2023) – Kesehatan merupakan hal yang paling berharga bagi manusia, siapa saja rentan mengalami gangguan kesehatan, terutama anak-anak. Usia dini atau anak-anak merupakan periode emas dimana pertumbuhan dan perkembangan anak terjadi begitu pesat. Anak mempunyai hak mencapai status kesehatan yang baik. Kebiasaan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dikalangan anak usia dini menjadi salah satu prioritas yang harus ditingkatkan, mengingat banyaknya kasus penurunan status kesehatan pada anak, terutama kerentan terhadap virus maupun kuman penyakit.

Kebiasaan anak mengonsumsi jajanan secara bebas, kebersihan kuku yang tidak terjaga, memegang berbagai macam permainan yang belum terjamin kebersihannya, ditambah anak tidak melakukan cuci tangan menggunakan sabun sebelum maupun sesudah makan dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Pemutusan rantai penularan virus maupun kuman dapat dilakukan secara individu dengan melaksanakan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Kebiasaan menerapkan PHBS dapat berdampak positif serta dapat memberi kontribusi pada peningkatan status kesehatan baik pada anak maupun masyarakat. Penerapan peningkatan status kesehatan pada anak ini memerlukan suatu wadah yang dapat menjadi sumber informasi terkait kesehatan yang dibutuhkan oleh anak.

Pentingnya penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada anak sebagai peningkatan status kesehatan anak sejak dini mendorong Mahasiswa KKN Tim 2 Universitas Diponegoro Tahun 2023/2024, Yohana Krisyanti dari program studi Keperawatan untuk menginisiasi pelaksanaan Sosialisasi Penerapan Hidup Bersih dan Sehat. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan wadah kepada anak-anak Desa Longkeyang terkait meningkatkan pemahaman serta pentingnya penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sejak dini.

Program ini juga bertujuan menambah pemahaman kepada guru maupun orang tua anak untuk memantau kebiasaan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat secara berkala. Program Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dilaksanakan hari Kamis, 20 Juli 2023. Sasaran dari program ini adalah anak kelas 1 SD di SD 01 Longkeyang. Pada pelaksanaan program ini, dilakukan berbagai kegiatan seperti penjelasan Perilaku Hidup Bersih, pentingnya penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, games dari materi yang telah dijelaskan, penerapan cuci tangan secara langsung, dan pemberian hadiah kepada anak. Program ini mendapatkan dukungan baik dari guru maupun orang tua anak. Hal ini terihat dari antusias guru dan orang tua yang melihat dari luar kelas. Selain itu, melalui program ini diharapkan dapat membantu pemerintah Desa Longkeyang dan Puskesmas dalam upaya pencegahan penyakit pada anak di Desa Longkeyang.

Penulis             : Yohana Krisyanti Lumban Toruan

Prodi                : S1 Keperawatan

Lokasi             : Desa Longkeyang, Kec. Bodeh, Kab. Pemalang

DPL                :  1. Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., IPU.

                          2. Yanuar Yoga Prasetyawan, S. Hum., M. Hum.

                          3. Faradhina Azzahra, S.T., M.Sc.

KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2022/2023

#KKNUndipTim2

#p2kknundip

#LPPMUndip

#Undip

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*