MUSDESUS Penetapan KPM BLT DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa) 2024

Pemalang (1/11/2024) — Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) adalah mekanisme yang harus dilakukan dalam pengambilan keputusan.┬áSalah satu contohnya adalah dalam verifikasi, finalisasi, dan penetapan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT DD.

Pada tanggal 8 Januari 2024, Desa Longkeyang menggelar acara Musdesus untuk penetapan KPM BLT DD di Balai Desa. Kehadiran beragam pihak penting semakin memperkuat esensi musyawarah, dengan kehadiran Camat Bodeh, Sekretaris Desa, Perangkat Desa, dan tokoh-tokoh masyarakat yang mewakili setiap dusun di Desa Longkeyang.

Tahun 2024 menjadi periode yang penuh signifikansi, di mana BLT DD menargetkan 10 KPM yang akan dipilih secara cermat dari setiap dusun. Proses seleksi KPM sendiri dijalankan melalui musyawarah mufakat, menciptakan suatu dinamika partisipatif dalam menentukan penerima manfaat.

Sebagai bentuk nyata dari upaya pemberdayaan ekonomi dan sosial, besaran dana yang akan diberikan kepada setiap KPM adalah sebesar Rp300.000,00 setiap bulannya, dan ini akan berlangsung selama 12 bulan untuk 10 KPM yang telah ditetapkan dan memenuhi semua kriteria yang telah ditetapkan.

BLT DD ini tidak hanya memiliki dimensi finansial semata, tetapi juga menjadi sebuah instrumen strategis untuk mendukung masyarakat yang rentan secara ekonomi dan sosial. Harapannya, bantuan ini dapat merangsang pertumbuhan ekonomi di tingkat mikro dan membawa dampak positif dalam mengentaskan kondisi masyarakat miskin di Desa Longkeyang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*